Semoga melalui media digital personal website yang sangat sederhana ini, tali silaturahmi dan pertemanan yang terputus dapat tersambung kembali dan mengakrabkan kita, sebab hidup dgn ilmu akan lebih mudah, hidup dgn seni akan lebih indah & hidup dgn iman pasti akan terarah.

Masukan yang bersifat membangun dapat dikirimkan melalui email : bagyoesx@gmail.com atau bagyo_27061965@yahoo.co.id atau SMS/Kontak HP 08159552196

15 Agustus 2007

Memang kita bangsa yang suka "Ngutang" kali yee ??

Secara faktual telah sangat jelas bahwa sumberdaya alam yang terkandung di bumi Indonesia tercinta ini sangat-sangat melimpah, terdiri dari beraneka ragam sumberdaya hayati, aneka satwa, tambang, migas, hasil laut, hasil hutan, hasil pertanian, industri, dll bahkan sekalipun yang tidak ada di belahan negara lain di Indonesia justru ada. Hal ini tentu saja akan cukup banyak menghasilkan uang untuk mengelola negara ini.
Persoalan utamanya sekarang adalah mengapa sampai detik ini negara masih harus mengutang sampai ribuan triliun rupiah ??? Kemana larinya duit hasil eksploitasi sumberdaya milik Indonesia tsb ??? Dimakan Jin tidak mungkin, soalnya dia hanya makan kembang. Lalu ?? Akankah negara kita seterusnya juga akan kita bangun dengan dana menghutang ??? Jawabannya adalah "tidak ada yang tahu". Yang sudah pasti adalah bahwa negara ini telah di-manage bukan oleh seorang negarawan sejati.
Ada beberapa premis kenapa negara kita sampai saat ini masih terlilit hutang yang sangat dasyat besarnya.
Pertama, negara ini sengaja untuk dibangkrutkan tapi entah oleh siapa.
Kedua, negara ini karena kekayaannya yang melimpah sengaja dijual oleh para komprador.
Ketiga, negara ini digerogoti oleh "serombongan tikus-tikus" dari berbagai jenis, golongan dan strata.
Keempat, keinginan anasir asing agar Indonesia tidak bisa menjadi negara maju
Pertanyaan selanjutnya, siapa dalam hal ini yang harus dipersalahkan mengelola negara menjadi seperti ini ??? Yang tentu sudah pasti dari tiga unsur utama negara sebagai pihak yang telah mengawakinya sejak kita merdeka (Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif); tidak ada yang mau sama sekali dipersalahkan. Menyedihkan ....memang !
Lalu apabila kita saksikan kondisi rakyat Indonesia di lapangan, memang masyarakat kita yang bersifat konsumtif sehingga sangat hobi dan suka mengutang. Hal ini bisa terlihat dengan jelas antara lain dari persoalan : ngutang motor, mobil, baju, belanja di warung, dll.
Saya pikir presentase rakyat yang mengutang lebih banyak daripada yang tidak mengutang, sehingga wajar kalo negara ketularan mengutang juga. memang kita bangsa yang suka ngutang kali yee ???.

Tidak ada komentar: