Semoga melalui media digital personal website yang sangat sederhana ini, tali silaturahmi dan pertemanan yang terputus dapat tersambung kembali dan mengakrabkan kita, sebab hidup dgn ilmu akan lebih mudah, hidup dgn seni akan lebih indah & hidup dgn iman pasti akan terarah.

Masukan yang bersifat membangun dapat dikirimkan melalui email : bagyoesx@gmail.com atau bagyo_27061965@yahoo.co.id atau SMS/Kontak HP 08159552196

20 Agustus 2007

Tips singkat "Hidup Sehat" ala Mr. Bagyo yang manis (Raiku wis tak lumuri gulo)

Pertama, lakukan diet menurut Golongan Darah masing-masing orang. Panduannya kami sarankan mengikuti literatur yang dikarang oleh Prof. Peter J. D'Adamo, seorang ahli Naturopatik Eropa yang juga peneliti dan buku-bukunya telah menjadi best seller tingkat internasional. Jadi memang sesungguhnya sudah layak menjadi referensi program diet.
Kami tidak promosi sebab kami bukan brokernya dia, tetapi yang menjadi alasan kenapa saya mengikutinya adalah "kesadaran pribadi akan arti pentingnya manusia diciptakan dengan berbagai jenis Golongan Darah". Memang begitu, saya baru sadar sesadar-sadarnya sekarang ini, mengapa kita harus dengan susah payah mempelajari Ilmu Biologi (yang disampaikan oleh Ibu kita di sekolah SMU dulu / Bu Susi & Bu Hastuti). Seluruh materi ilmu yang membahas tentang Golongan Darah baik waktu di sekolah maupun di PT, kita hanya menyerap dan mengerti cukup sampai di permukaannya saja. Nah sekarang setelah anda mempelajari seluruh literatur yang dikarang oleh seorang yang pas memiliki kapasitas / Peter J D'Adamo, baru akan sangat mengerti korelasinya dengan metabolisme tubuh kita dan kaitannya dengan masalah golongan darah.
Kedua, melakukan olahraga secara rutin dan konsisten sesuai kemampuan dan porsinya masing-masing. Bagi yang punya duit kan bisa maen golf, ikut fitnees. Sing ra nduwe yo cukup mlayu-mlayu karo aerobik ora usah nganggo sepatu utawi nyeker mawon. (yg punya duit ya cukup lari-lari berikut aerobik tanpa memakai alas kaki atau telanjang kaki saja). Olahraga bertujuan untuk membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot dan menjaga fleksibilitas persendian yang akan mencegah terjadinya penyakit rematik. Awalnya olah raga dimulai 10 menit dan ditingkatkan terus sampai 30 menit per hari dengan frekuensi minimal 3 X seminggu.
Olah raga juga berfungsi untuk memacu jantung dan membakar lemak yang sering-kali menyelimuti jantung orang kegemukan.
Ketiga, dianjurkan mengonsumsi ikan, brokoli dan kembang kol yang semuanya diyakini mengandung anti-oksidan untuk membantu mengatasi radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang berperan besar menyebabkan timbulnya berbagai penyakit metabolik, seperti kencing manis, liver, jantung dan ginjal. Pada beberapa kasus kegemukan, radikal bebas juga berperan mengganggu metabolisme lemak.
Keempat, minumlah teh hijau 2X sehari. Hindari minuman cola dan kopi karena cola dan kopi banyak mengandung kafein. Sementara, teh hijau banyak mengandung zat bioflavonoid yang merupakan anti-oksidan yang ampuh.
Kelima, mengkonsumsi kacang kedelai dan turunannya karena banyak mengandung protein, asam lemak jenuh dan fitoestrogen. Fitoestrogen adalah estrogen alami yang membuat Anda awet muda.
Keenam, melakukan upaya detoksifikasi (pembuangan racun-racun dari dalam tubuh kita). Hal ini bisa dilakukan dengan cara modern atau sederhana; dengan biaya ringan atau biaya tinggi. Racun-racun yang dimaksudkan bagi tubuh kita antara lain : zat-zat berbahaya (berasal dari pengawet, pewarna, pemanis, peluruh, penyedap, dll) yang tercampur dalam makanan yang kita makan, bisa juga berupa polutan rokok, atau makanan yang seharusnya sesuai golongan darah seseorang tidak dianjurkan untuk dimakan, dan lain-lain.
Ketujuh, kendalikan mulut rakus anda menghadapi segala makanan yang enak-enak, sesuaikan asupan dengan kebutuhan tubuh kita. Jangan menthang-menthang ada makanan gratis dan enak semuanya "dibadhog kabeh". Tapi nek sampean secara struktural garis keturunan silsilahnya sedulure buto ijo yo ora opo-opo.
Kedelapan, melakukan aktifitas religius (ibadah kepada Sang Maha Pencipta) secara rutin dan intens, untuk menjaga keseimbangan kondisi jasmani dengan kondisi rohani. Secara sederhana manusia dicipta tentu saja ada yang menciptakan, dus, hubungan secara vertikal harus juga dilakukan.
Kesembilan, (dikutip dari tuntunan hidup Nabi Muhammad SAW) secara rutin mengkonsumsi madu dan buah jinten hitam (habbatussauda).
Kesepuluh, untuk menyempurnakan keenam Tips tersebut (dan ini sangat sulit dilakukan, barangkali) menghindari dan kalo bisa jangan sekali-kali mengasupi tubuh anda dengan berbagai makanan yang berasal dari hasil anda menjadi "Tikus, Kadal atau Ular" (bahasa filosofi), mengingat binatang tersebut banyak memiliki profesi muslihat (KKN, apus-apus/aksi tipu-tipu, jopa-japu, bim salabim, dunia rekayasa, dunia urik-urikan, dan profesi lainnya yg masih termasuk dalam derivat-nya).

TAKLIMAT :
1) Bagi yang berminat utnuk mengetahui secara lebih jauh tentang diet menurut golongan darah kami persilahkan menghubungi saya saja (yang dilayani hanya hubungan korespondensi manual (surat), digital (email), visual (suara per telepon) bukan hubungan inTIM ........ alias hubungan di (in) Taman Ismail Marzuki (TIM) !!!.
2) Bagi yang mau mengikuti ya berarti dinamika kehidupan anda menuju kepada titik kemajuan, dan bagi yang tidak, ya ...(meminjam istilah sang foundingfather's kita pak Harto).."Yo Ora pathek'en".

Tidak ada komentar: