Semoga melalui media digital personal website yang sangat sederhana ini, tali silaturahmi dan pertemanan yang terputus dapat tersambung kembali dan mengakrabkan kita, sebab hidup dgn ilmu akan lebih mudah, hidup dgn seni akan lebih indah & hidup dgn iman pasti akan terarah.

Masukan yang bersifat membangun dapat dikirimkan melalui email : bagyoesx@gmail.com atau bagyo_27061965@yahoo.co.id atau SMS/Kontak HP 08159552196

29 Agustus 2007

KONSENSUS WASHINGTON = NEOLIBERALISME DAN TATANAN GLOBAL

Istilah "neoliberalisme" mengesankan suatu sistem prinsip-prinsip yang baru dan sekaligus didasarkan pada gagasan liberal klasik : Adam Smith dianggap sebagai tokoh panutan. Sistem doktrin ini juga dikenal sebagai "Konsensus Washington" yang menyarankan sesuatu mengenai tatanan global. Pengamatan lebih dekat menunjukkan bahwa gagasan mengenai tatanan global cukup akurat, namun tidak yang lainnya. Doktrin-doktrin tersebut tidak baru dan asumsi dasarnya jauh dari pemikiran yang menggerakkan tradisi liberal sejak Abad Pencerahan.
Konsensus neoliberal Washington adalah suatu rangkaian prinsip-prinsip berorientasi pasar yang dirancang oleh pemerintah Amerika Serikat bersama lembaga keuangan internasional yang berkuasa. Karena itu konsensus tersebut bersifat dominan ketika diterapkan dengan berbagai cara pada masyarakat yang rapuh, seringkali dalam bentuk program perubahan struktural yang mengikat. Singkatnya, prinsip dasarnya adalah : liberalisasi perdagangan dan keuangan, biarkan pasar menentukan harga ("dapatkan harga yang tepat"), akhiri inflasi ("stabilitas makro ekonomi"), dan privatisasi. Pemerintah seharusnya "keluar dari arena"—demikian juga masyarakat—sejauh pemerintah bersikap demokratis, sekalipun hal ini jarang dikemukakan. Keputusan mereka yang menetapkan "konsensus" ini berdampak besar pada tatanan global. Beberapa analis mengambil posisi yang lebih kuat. Pers internasional menyebut lembaga-lembaga ini sebagai "pemerintah dunia de facto" pada "masa penjajahan baru."
Lepas dari akurat atau tidak, penjelasan ini mengingatkan kita bahwa lembaga pemerintahan bukanlah agen independen melainkan refleksi pembagian kekuatan pada masyarakat yang lebih besar. Hal ini sudah menjadi kebenaran sejak masa Adam Smith, yang menunjukkan bahwa "arsitek utama" kebijakan di Inggris adalah "kaum pedagang dan pengusaha", Mereka menggunakan kekuasaan negara untuk menjamin kepentingan mereka sendiri, betapa pun memilukan dampaknya bagi pihak lain termasuk masyarakat Inggris. Yang menjadi kepedulian Smith adalah "kesejahteraan bangsa," namun dia mengerti bahwa "kepentingan nasional" sebenarnya adalah mimpi di siang bolong: dalam suatu "bangsa" ada banyak kepentingan yang sangat bertentangan sehingga untuk memahami kebijakan dan dampaknya kita harus bertanya di mana kekuatan berada dan bagaimana ia dijalankan. Inilah yang disebut sebagai analisis kelas.
"Arsitek utama Konsensus Washington" yang neoliberal adalah tokoh-tokoh ekonomi swasta terutama perusahaan raksasa yang mengendalikan sebagian besar ekonomi internasional dan memiliki pengaruh untuk membentuk kebijakan, pemikiran, dan pendapat. Amerika Serikat memiliki peran khusus dalam sistem neoliberalisme untuk alasan yang jelas. Meminjam kata-kata sejarahwan diplomasi, Gerald Haines, yang juga sejarahwan senior CIA, "Setelah Perang Dunia II Amerika Serikat berasumsi bahwa mereka, terlepas dari kepentingan pribadi, bertanggung-jawab atas kesejahteraan sistem kapitalis dunia." Haines memfokuskan pada apa yang disebutnya "Amerikanisasi Brasil," namun hanya sebagai kasus khusus. Pendapatnya cukup akurat.
Amerika Serikat telah menjadi pemimpin ekonomi dunia jauh sebelum Perang Duma II, dan selama perang mereka menjadi semakin kuat sementara lawan-lawannya semakin lemah. Perekonomian yang dikendalikan negara selama perang akhirnya mampu mengatasi Depresi Besar. Setelah perang berakhir Amerika Serikat menguasai setengah kekayaan dunia dan menjadi kekuatan adidaya tanpa preseden sebelumnya. Dengan sendirinya, arsitek utama kebijakan bermaksud menggunakan kekuatan ini untuk merancang suatu sistem global demi kepentingan mereka.
Dokumen tingkat tinggi menyebutkan "rezim nasionalis" dan "radikal", terutama di Amerika Latin, sebagai ancaman utama bagi kepentingan-kepentingan tcrsebut. Rezim-rezim ini bertanggungjawab atas munculnya tuntutan massa yang menghendaki "peningkatan segera standar hidup yang selama ini rendah di masyarakat" dan pemenuhan kebutuhan domestik. Kecenderungan ini menghambat tumbuhnya "iklim politik dan ekonomi yang kondusif bagi investasi swasta" yang menjanjikan keuntungan bagi negara dan "perlindungan terhadap bahan mentah milik kami"—milik kami, sekalipun berada di tempat lain. Untuk alasan tersebut, George Kennan, ahli perencanaan berpengaruh, menyarankan agar kita "berhenti membicarakan hal-hal yang tidak jelas dan tidak nyata seperti hak asasi manusia, peningkatan standar hidup, dan demokratisasi dan, sebaliknya, "langsung bertindak dengan menggunakan konsep kekuatan yang jelas," serta tidak membiarkan diri "dihambat dengan slogan-slogan idealis" mengenai "altruisme dan keuntungan bagi seluruh masyarakat dunia"— sekalipun slogan-slogan tersebut diakui bagus dan bahkan wajib ada dalam wacana publik.
Saya mengutip catatan rahasia, yang sekarang secara garis besar diketahui secara luas di masyarakat luas atau komunitas intelektual.
"Nasionalisme radikal" dalam dirinya sendiri tidak dapat ditoleransi. Selain itu, dalam arti luas ia juga merupakan "ancaman terhadap stabilitas"—suatu istilah yang diberi makna khusus. Saat Washington bersiap-siap menjatuhkan pemerintahan Guatemala yang pertama kali terpilih secara demokratis pada 1954, staf Departemen Luar Negeri mengingatkan bahwa Guatemala telah "menjadi ancarnan yang kian berbahaya bagi stabilitas Honduras dan El Salvador. Reformasi agrarianya merupakan senjata propaganda yang kuat; program sosial besar-besaran yangbertujuan membantu pekerja dan petani dalam perlawanan terhadap kelas atas dan perusahaan asing terkemuka sangat mempengaruhi penduduk negara tetangganya di Amerika Tengah yang memiliki kondisi serupa." "Stabilitas" di sini jelas berarti keamanan bagi "kelas atas dan perusahaan asing besar" yang kesejahteraannya harus dilindungi.
Ancaman terhadap "kelangsungan sistem kapitalis dunia" menjadi pembenaran bagi teror dan tindakan subversif demi menjaga "stabilitas." Salah satu tugas utama CIA adalah ambil bagian dalam upaya besar-besaran melemahkan demokrasi di Italia pada tahun 1948, saat lembaga ini khawatir pemilihan umum akan berlangsung dengan cara yang salah; intervensi militer secara langsung direncanakan jika tindakan subversi ternyata gagal. Upaya ini digambarkan sebagai langkah untuk "menstabilkan Italia." Bahkan juga dimungkinkan untuk melakukan "destabilisasi" dalam upaya meraih "stabilitas." Karena itulah editor jurnal semi-pemerintah, Foreign Affairs, menyebutkan bahwa Washington harus "mendestabilisasi pemerintahan Marxis di Chile yang terpilih" karena "kita bertekad menegakkan stabilitas." Dengan pendidikan yang tepat, seseorang dapat mengatasi kontradiksi yang muncul.
Rezim nasionalis yang membahayakan "stabilitas" kadang-kadang digambarkan sebagai "nila setitik" yang dapat "merusak susu sebelanga," atau "virus" yang dapat "menginfeksi" orang lain. Italia pada tahun 1948 adalah satu contoh. Dua puluh lima tahun kemudian Henry Kissinger menggambarkan Chile sebagai "virus" yang dapat mengirimkan pesan yang salah mengenai kemungkinan arah perubahan sosial, menginfeksi hingga Italia yang tidak kunjung "stabil" bertahun-tahun setelah program-program penting dijalankan CIA untuk mengusik demokrasi Italia. Virus tersebut harus dihancurkan dan yang lain dilindungi dari infeksi: untuk kedua tugas ini, kekerasan seringkali merupakan cara paling efektif, sekalipun menyisakan jejak pembunuhan, teror, penyiksaan, dan kehancuran yang mengerikan.
Dalam rencana rahasia pascaperang, setiap bagian dunia diberi tugas tertentu. "Fungsi utama" Asia Tenggara adalah menyediakan bahan mentah untuk kekuatan industri. Afrika "dieksploitasi" oleh Eropa bagi pemulihan dirinya sendiri. Demikian seterusnya terjadi di seluruh penjuru dunia.
Di Amerika Latin, Washington berharap mampu menerapkan Doktrin Monroe, namun lagi-lagi dalam pengertian tertentu, Presiden Wilson yang terkenal karena idealisme dan prinsip moralnya yang tinggi, diam-diam setuju bahwa "dalam mengadvokasikan Doktrin Monroe, Amerika Serikat seyogyanya tetap mempertahankan kepentingannya." Kepentingan Amerika Latin hanya bersifat "insidental" dan tidak menjadi kepedulian AS. Dia tahu bahwa "ini mungkin berdasarkan pada egoisme semata," namun menyatakan bahwa doktrin tersebut "tidak memiliki motif lain yang lebih tinggi atau lebih besar," Amerika Serikat mencoba menyingkirkan saingan tradisionalnya, Inggris dan Francis, serta rnembentuk suatu aliansi regional di bawah kendalinya yang terpisah dari sistem yang ada, di mana pengaturan semacam itu tidak akan diizinkan.
"Fungsi" Amerika Latin dijelaskan dalam suatu konferensi regional pada bulan Februari 1945 ketika Washington mengusulkan "Piagam Ekonomi Amerika" yang akan rnenghapuskan nasionalisme ekonomi "dalam segala bentuknya."
Para ahli perencanaan pembangunan di Washington paham bahwa tidak akan mudah untuk menerapkan prinsip mi. Dokumen Departemen Luar Negeri mengingatkan bahwa Amerika Latin memilih "kebijakan yang dirancang untuk memungkinkan distribusi kekayaan yang lebih luas dan meningkatkan standar hidup penduduk" dan "percaya bahwa penerima pertama dan pembangunan sumber daya negara seharusnya adalah warga negara." Gagasan ini tidak dapat diterima: "penerima pertama keuntungan" sumber daya negara adalah para investor AS, sementara Amerika Latin seharusnya membantu tanpa perlu meributkan hal-hal tak masuk akal seperti kesejahteraan umum atau "pembangunan industri yang berlebihan" yang akan bertentangan dengan kepentingan AS.
Posisi Amerika Serikat tetap bertahan, sekalipun bukannya tanpa masalah dalam tahun-tahun berikutnya, seperti ditunjukkan oleh hal-hal yang tidak perlu saya bahas di sini.
Ketika Eropa dan Jepang pulih dari kehancuran perang, tatanan dunia beralih menjadi pola tiga kutub. Amerika Serikat melanjutkan peran dominannya meskipun tantangan baru muncul, termasuk kompetisi antara Eropa dan Asia Timur di Amerika Selatan. Perubahan terpenting terjadi 25 tahun lalu saat Pemerintahan Nixon menghancurkan sistem ekonomi global pasca perang di mana Amerika Serikat memainkan peran sebagai bankir dunia, suatu peran yang tidak dapat lagi dipertahankan. Tindakan unilateral ini (tentu saja bekerjasama dengan kekuatan lain) mengakibatkan terjadinya pelarian modal secara besar-besaran. Yang sampai saat ini masih mengejutkan adalah perubahan dalam komposisi aliran modal. Pada tahun 1971, 90% transaksi keuangan internasional terkait dengan ekonomi riil—perdagangan atau investasi jangka panjang—dan hanya 10% bersifat spekulatif. Pada tahun 1990 persentase ini terbalik, dan pada tahun 1995 sekitar 95%-nya bersifat spekulatif dengan nilai harian melebihi jumlah simpanan mata uang asing tujuh industri terbesar, yakni lebih dari satu miliar dolar per hari serta merupakan investasi jangka pendek: sekitar 80% antara seminggu atau kurang.
Para ekonom terkemuka sekitar dua puluh tahun lalu telah mengingatkan bahwa proses ini akan mengarah pada pertumbuhan rendah dan perekonomian yang ditopang oleh pendapatan rendah. Mereka juga menyarankan ukuran yang cukup sederhana untuk mencegah risiko ini. Namun arsitek utama Konsensus Washington memilih dampak yang dapat diprediksi, termasuk keuntungan yang sangat tinggi. Dampak ini diperbesar dengan peningkatan tajam (jangka pendek) pada harga minyak dan revolusi telekomunikasi. Keduanya terkait dengan sektor terbesar perekonomian AS.
Negara "Komunis" berada di luar sistem global ini. Pada tahun '70-an, Cina ditarik kembali ke dalam sistem ini. Perekonomian Soviet mulai mengalami kemandekan pada tahun '60-an dan seluruh strukturnya yang besar-namun-bobrok runtuh dua puluh tahun kemudian. Wilayah ini sccara keseluruhan kembali ke status sebelumnya. Daerah-daerah yang pernah menjadi bagian Barat kembali bergabung, sementara sebagian besar wilayah lainnya kembali pada sektor jasa seperti sebelumnya, umumnya di bawah mantan birokrat Komunis dan asosiasi lokal perusahaan asing, serta sindikat-sindikat kejahatan. Pola ini umum dijumpai di dunia ketiga, demikian pula keluaran-keluarannya. Di Rusia sendiri, investigasi UNICEF pada tahun 1993 memperkirakan terjadi setengah juta kematian tambahan per tahun sebagai hasil "reformasi" neoliberal yang secara umum didukungnya. Penentu kebijakan sosial Rusia baru-baru ini memperkirakan bahwa 25% populasi berada di bawah tingkat kehidupan yang layak, sementara kalangan penguasa baru meraih kemakmuran luar biasa. Lagi-lagi ini adalah cermin umum ketergantungan terhadap Barat.
Yang juga umum dijumpai adalah dampak kekerasan berskala besar yang dilakukan untuk memastikan "keberlangsungan sistem kapitalis dunia." Konferensi Jesuit di San Salvador baru-baru ini menunjukkan bahwa selama mi "budaya teror telah memperlemah harapan masyarakat." Orang-orang tidak lagi berpikir mengenai "alternatif dari mereka yang berkuasa", yang menggambarkan hal tersebut sebagai kemenangan besar kebebasan dan demokrasi.
Ini adalah beberapa gambaran kasar tatanan global di mana Konsensus Washington dipaksakan kehadirannya.
(Prof. Noam Chomsky dalam "Profit Over people : neoliberalism and global order" diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi "Memeras rakyat : Neoliberalisme dan tatanan global" oleh Ni'am Sa'diyah, Penerbit Profetik, Jakarta, 1999)

5 komentar:

Anonim mengatakan...

частные малолетние 18 http://free-3x.com/ порно видео онлайн школа free-3x.com/ скачать порно с молодыми девочками 18 [url=http://free-3x.com/]free-3x.com[/url]

Anonim mengatakan...

Hi !.
You may , perhaps curious to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no initial capital needed You may commense to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you thought of all the time
The firm represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with structures around the world.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you really need!

I feel good, I started to take up income with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to select a correct companion who uses your savings in a right way - that`s AimTrust!.
I take now up to 2G every day, and my first investment was 500 dollars only!
It`s easy to get involved , just click this link http://etomyxohi.100megsfree5.com/samojoxy.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to feel the smell of real money

Anonim mengatakan...

Hello !.
might , probably curious to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
The company represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you wish in the long run!

I feel good, I began to get real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a proper partner utilizes your money in a right way - that`s it!.
I make 2G daily, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to get involved , just click this link http://umumybabam.lookseekpages.com/lerule.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

Anonim mengatakan...

Good day, sun shines!
There have been times of hardship when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never imagined that there weren't any need in large starting capital.
Nowadays, I feel good, I begin to get real money.
It gets down to choose a correct companion who utilizes your money in a right way - that is incorporate it in real deals, and shares the income with me.

You may get interested, if there are such firms? I have to answer the truth, YES, there are. Please be informed of one of them:
http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonim mengatakan...

Glad to greet you, ladies and gentlemen!

Sure, you’ve heard about me, because my fame is running in front of me,
my parents call me Peter.
Generally I’m a social gmabler. recently I take a great interest in online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to find out how to win not loose.
Please visit my blog. http://allbestcasino.com I’ll be interested on your opinion..